KOORDINASI DINAS SOSIAL DALAM PENANGANAN ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DI KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Hani Ruchendi Universitas Subang
  • Diah Andani Universitas Subang

Keywords:

Koordinasi

Abstract

Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Koordinasi Penanganan Anak Jalanan Usia Sekolah di Kabupaten Subang. Penelitian dan penulisan ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana Koordinasi Penanganan Anak Jalanan Usia Sekolah di Kabupaten Subang sesuai dengan faktor yang cukup penting yaitu koordinasi Menurut Mc Farland dalam Kaloh (2006) yaitu faktor kewenangan dan tanggung jawab, faktor komunikasi, faktor kontrol, dan faktor kepemimpinan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yakni mendeskripsikan fenomena dalam bentuk wacana. Tidak ada pilihan lain daripada menjadikan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian utama. Sumber data diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan peraturan atau perundang-undangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Koordinasi Penanganan Anak Jalanan Usia Sekolah di Kabupaten Subang sesuai dengan faktor penting dalam koordinasi Menurut Mc Farland dalam Kaloh (2006) yaitu kewenangan dan tanggung jawab, Saling lempar tugas dan tunjuk tanggung jawab, sehingga dalam hal ini tugas pokok dalam penanganan anak jalanan menjadi jauh dari kata harapan. Komunikasi, diskusi hanya diadakan saat adanya instruksi dari Pemerintah Kabupaten Subang terkait penertiban anak jalanan dari kota, setelahnya tidak ada komunikasi berkelanjutan, terlebih tindakan, dengan alasan kesibukan permasalahan-permasalahan lainnya. Kontrol, meski pengawasan dilakukan akan tetapi tidak ada tindakan yang dilakukan selanjutnya, sehingga sebenarnya pengawasan belum bisa benar benar dilaksanakan dengan baik. Sedangkan fungsi dari pengawasan itu sendiri adalah bila mana hasil yang seharusnya tidak teralisasi dengan baik, maka harus dilaksanakan tindakan selanjutnya yang lebih baik. Kepemimpinan, terbaginya tugas dan tanggung jawab kepemimpinan mereka dalam menangani permasalahan penanganan anak jalanan, tumpang tindih tugas dan kewajiban terbengkalainya tugas tugas tersebut.
Sesuai dengan faktor penting dalam koordinasi Menurut Mc Farland dalam Kaloh (2006) yaitu kewenangan dan tanggung jawab, komunikasi, kontrol, dan kepemimpinan, Koordinasi Penanganan Anak Jalanan Usia Sekolah di Kabupaten Subang Belum Optimal sebagaimana dijelaskan dalam paragraph diatas.
Kata Kunci : Koordinasi

Downloads

Published

2018-05-11

How to Cite

Hani Ruchendi, & Diah Andani. (2018). KOORDINASI DINAS SOSIAL DALAM PENANGANAN ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DI KABUPATEN SUBANG. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 17–26. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/705

Issue

Section

Articles