PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TAECHING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA

Authors

  • HARIYANA SANTOSO FKIP Universitas Subang
  • PULUNG RIYANTO FKIP Universitas Subang
  • IYAN NURDIYAN HARIS FKIP Universitas Subang

Keywords:

Model peer teaching, motivasi siswa, pembelajaran penjas.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa di SMPN 1 Jalancagak Subang. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas IX. Untuk menentukan besarnya sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling atau pengambilan sampel acak berdasar area. Dari populasi yang ada kemudian diperoleh sampel sebanyak dua kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa,  satu kelas sebagai kelas ekperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data angket. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS uji paired sample T-test dan independensample T-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmanai siswa di SMPAN 1 Jalancagak. Nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmanai siswa di SMPN 1 Jalancagak.. Sebelum diberikan model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) berada pada rerata 122,68 dan pada saat posttest meningkat menjadi 141,03. Ternyata besarnya rerata setelah diberikan model pembelajaran tutor ssebaya (peer teaching) berpengaruh terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa. Dari hasil perhitungan  analisis data bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMPN 1 Jalancagak Subang.

Downloads

Published

2018-10-17

How to Cite

SANTOSO, H., RIYANTO, P., & HARIS, I. N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TAECHING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 68–80. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/289

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>