PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SEDERHANA MELALUI ALAT PERAGA GEOMETRI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAMENAK SUBANG

Authors

  • SUCI KOMALA SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAMENAK SUBANG

Keywords:

Matematika, alat peraga geometri, interaksi belajar mengajar

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Matemtika di Sekolah Dasar harus diciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan serta sesuai dengan kebutuhan pembelajaran anak. Didukung oleh adanya keterampilan guru dalam memproses belajar mengajar. Kondisi di Sekolah Dasar menunjukkan belum diterapkannya pembelajaran menggunakan metode yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan  untuk pembelajaran Matematika, termasuk di SDN Sukamenak. Tujuannya mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode pembelajaran dengan penggunaan alat peraga geometri  untuk pembelajaran Matematika. Hipotesisnya bila pembelajaran Matematika menggunakan alat peraga geometri  diharapkan dapat meningkatkan interaksi belajar mengajar siswa. Metode Penelitian Tindakan Kelas deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah: rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjeknya kelas I Sekolah Dasar Negeri Sukamenak, waktunya semester ganjil 2016/2017. Pengumpulan data dengan observasi partisipatif selama tindakan dan dokumen hasil siswa. Hasil Penelitian Tindakan Kelas: (1) Untuk pembelajaran Matematika diperlukan pengunaan alat peraga geometri; (2) pengunaan alat peraga geometri tersebut meningkatkan interaksi belajar mengajar; (3) kendalanya keterbatasan waktu, bahan, dan kemampuan siswa; (4) rekomendasi: penggunaan alat peraga geometri diharapkan dapat diterapkan di Sekolah Dasar untuk pembelajaran Matematika.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

KOMALA, S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SEDERHANA MELALUI ALAT PERAGA GEOMETRI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAMENAK SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/91

Issue

Section

Articles