Mekanisme Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang

Authors

  • Ardi Ariansyah
  • deny ernawan

Keywords:

Sampah Rumah Tangga, Jumlah Penduduk, Pengangkutan Sampah

Abstract

Sampah di tengah masyarakat menjadi persoalan, terutama sampah rumah tangga yang porduktivitasnya terus meningkat. Meningkatnya produktivitas sampah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah perkembangan jumlah penduduk yang otomatis akan berpengaruh laju produktivitas sampah. Akibatnya sampah tidak tertangani menimbulkan berbagai dampak negatif baik lingkungan maupun manusia. Maka dari itu, untuk menghindari menumpuknya sampah yang bisa menimbulkan penyakit diperlukan pengangkutan sampah dari setiap rumah sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pengangkutan yang dimaksudkan sebagai kegiatan operasi mulai dari titik pengumpulan terakhir dari suatu siklus pengumpulan sampai ke TPA atau TPAT pada pengumpulan dengan pola individual langsung atau dari tempat pemindahan (Transfer Depo, Transfer station), penampungan sementara (TPA, LPS, TPS melalui 3R) atau tempat penampung komunal sampai ke tempat pengolahan/ pembuangan akhir (TPA/TPST). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data, mengkompilasikan data di lapangan serta melakukan analisa situasi yang sedang terjadi. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat dari fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.

Downloads

Published

16-02-2022

How to Cite

Ardi Ariansyah, & deny ernawan. (2022). Mekanisme Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 5(1), 26–31. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/1387

Most read articles by the same author(s)